Ini Rekaman Blackhole yang Hisap Bintang-Bintang di Luar Angkasa

Ini Rekaman Blackhole yang Hisap Bintang-Bintang di Luar Angkasa

Fact

Untuk kali pertamanya teleskop pemburu planet punya tubuh antariksa Amerika Serikat (NASA), sukses merekam gambar lubang hitam (Black Hole) yang sedang serta menelan bintang di dekatnya.

Teleskop antariksa Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS), demikian diadukan Ruang.com, Jumat (27/9/2019), merekam momen yang menurut beberapa ilmuwan benar-benar langka, cuma berlangsung sekali dalam 10.000 sampai 100.000 tahun di galaksi sebesar Bima Sakti.

Momen tersebut berlangsung dalam suatu tempat yang memiliki jarak 375 tahun sinar dari Bumi, ditengah-tengah satu galaksi bernama 2MASX J07001137-6602251 di konstelasi Volans.

Kejadian itu direkam oleh All-Sky Automated Survey for Supernovae – satu jaringan teleskop global yang berpusat di Ohio State University, AS – pada 29 Januari 2019. TESS adalah sisi dari jaringan itu.

QQmega368 Bandar Judi Slots Online Bisa Dipercaya Di Indonesia

“Karena data dari TESS kami dapat lihat dengan jelas, kapan momen yang dinamakan ASASSN-18bt ini, mulai terang-bendarang. Ini tidak pernah berlangsung awalnya,” papar Thomas Holoien, astronom dari Carnegie Observatories di Pasadena, California, AS yang membahas momen itu dalam Astrophysical Journal.

Dalam momen itu, jelas beberapa astronom, lubang hitam dengan daya tarik gravitasi yang besar sekali menarik satu bintang, menghancurkannya jadi serpihan debu, sebelum menelannya.

Bintang yang ditelan itu, kata beberapa ilmuwan, mempunyai ukuran yang seperti dengan Matahari, induk tata surya kita.

Teleskop antariksa TESS sendiri dikeluarkan pada April 2018 lalu untuk mengincar planet-planet baru di seputar bintang yang jaraknya jauh dari Bumi. Selama ini TESS sudah menjumpai 24 eksoplanet serta 993 calon planet.

1 thought on “Ini Rekaman Blackhole yang Hisap Bintang-Bintang di Luar Angkasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *