Objek Asing di tata surya

Oumuamua Objek Asing Yang Datangi Tata Surya Matahari

Fact

Beberapa astronom lihat objek asing ke-2 yang melalui skema tata surya, yang disangka datang dari skema bintang lain. Bahkan juga, objek itu bisa terbang dekati Mars pada Oktober akan datang.

Beberapa ilmuan menyangka kuat hal tersebut. Untuk sekarang, nampaknya objek itu diketahui jadi komet C/2019 Q4 (Borisov) atau (gb00234) serta termasuk jadi interstellar, bukan batu dari dalam tata surya.

“Ini benar-benar menarik, membuat kami berpaling dari semua project yang lain,” tutur Astronom dari European Southern Observatory, Olivier Hainaut pada Business Insider, dikutip Kamis (12/9/2019).

9 September 2019 Asteroid Bernama 2006 QV89 Akan Tabrak Bumi Ternyata Hoax

Objek interstellar pertama yang sudah pernah dideteksi oleh ilmuan, ‘Oumuamua, masuk ke tata surya pada 2017. Perbedaannya, beberapa ilmuan sekarang telah lebih siap mempelajari objek yang baru. Hainaut yang pelajari ‘Oumuamua itu berujar, “Saat ini beberapa astronom tambah lebih siap.”

Gambar awal tunjukkan C/2019 Q4 dibarengi oleh ekor kecil yang seperti lingkaran debu, tunjukkan ciri komet. Debu itu dapat membuat C/2019 Q4 lebih gampang dicari dibanding ‘Oumuamua, sebab memantulkan sinar matahari dengan cerah.

Ini dapat mempermudah beberapa ilmuwan untuk pelajari formasi objek, sebab instrumen teleskop bisa mengidentifikasi sinar untuk cari kandungan zat kimia di objek itu. Menurut Hainaut, semakin lebih baik bila benda asing itu dikirim ke tata surya lain di luar yang sekarang berpusat pada matahari.

1 thought on “Oumuamua Objek Asing Yang Datangi Tata Surya Matahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *