Malam ini Bakal Ada Fenomena Bulan Okultasi

Malam ini Bakal Ada Fenomena Bulan Okultasi

Fact

Malam ini Bakal Ada Fenomena Bulan Okultasi

Malam ini (8/9/2019) akan ada fenomena ketika bulan menutupi Saturnus dalam fenomena okultasi. Fenomena ini mirip dengan gerhana.

Fenomena ini akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia, kecuali di pulau Sumatra dan Kalimantan, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengungkapkan okultasi bulan Saturnus pada 8 September 2019 dapat diamati dari beberapa wilayah di Indonesia, kecuali Sumatra dan Kalimantan.

LAPAN mengatakan, ketika dilihat di bagian tenggara Indonesia, kegaiban ini berlangsung lebih dari satu jam.

Waktu pengamatan

Pengamatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, dapat disaksikan sejak 21,28 WITA dan berakhir sekitar 22,44 WITA.

Senjata Nuklir Yang Mengerikan Jika Dioperasikan Kecerdasan Buatan

Di Bandung, okultasi dapat diamati mulai pukul 21:21 WIB hingga 21,56 WIB. Di Kota Kembang ini, Saturnus akan berada di belakang cakram Bulan. Sebaliknya, okultasi berumur pendek jika dilihat di tepi jejak okultasi di Bogor, Jawa Barat, Bitung, dan Sulawesi Utara.

Sayangnya, pengamat di ibu kota Jakarta tidak bisa melihat kegaiban Saturnus. Pada 21.37 Waktu Indonesia Barat, cincin Saturnus akan terlihat menyerempet cakram Bulan.

Lihat apa yang dipakai?

Pengamatan okultasi Saturnus dapat dilihat dengan mata telanjang. Namun, jika Anda ingin melihat penampilan yang lebih jelas, gunakan teleskop atau lensa kamera teleskopik. Jangan lupa, gunakan filter yang menghilangkan sebagian cahaya Bulan karena pada saat itu satelit Bumi cukup terang.

“Tetapi jika Anda menggunakan teleskop, Anda dapat melihat dua satelit Saturnus, yaitu Dione dan Tethys yang menyertai planet ini,” kata LAPAN.

1 thought on “Malam ini Bakal Ada Fenomena Bulan Okultasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *