Susunan Batu Bata Dahulu Di Dawarblandong Di Kuburan Raja Majapahit

Susunan Batu Bata Dahulu Di Dawarblandong Di Kuburan Raja Majapahit

Sejarah

Susunan batu bata kuno di Dusun Sumberjo, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur disangka kuat adalah sisa pemukiman jaman Kerajaan Majapahit. Oleh karenanya, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, merencanakan untuk menggali penemuan situs Rajapoker diperkirakan dibuat pada era ke 13 masehi itu.

Karena, sampai kini, benar-benar jarang-jarang diketemukan kehadiran situs di daerah Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto “Benar-benar sangat jarang-jarang penemuan dari waktu Hindu Budha terutamanya jaman Majapahit yang diketemukan di daerah Dawarblandong. Ini kemungkinan yang pertama,” kata Pengkaji Pelestarian Cagar Budaya BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho, Selasa (13/8/2019).

Karena itu itu, menurut Wicak temuam situs batu bata kuno dengan panjang 29 cm, lebar 20 cm, dan ketebalan 6 cm, ini adalah data yang penting. Karena, dari penemuan itu, faksinya dapat mempajari seberapa jauh peranan Dawarblandong di jaman Majapahit.

“Karena, berdasarkan penjelasan warga, di sini banyak juga diketemukan senjata-senjata, dan guci. kelak akan kita susuri selanjutnya apa di sini pada saat itu jadi tempat penting,” tuturnya. Dari penelusuran awal, lanjut Wicak, disangka kuat, susunan batu bata kuno yang diketemukan di tempat punya Giman itu, adalah sisa fondasi pemukiman. Hal tersebut dikuatkan adanya dua lapis tumpukan batu bata yang berdasar pada tanah padas.

Baca juga : Para Ilmuan Rancang Mesin Untuk Liat Masa Depan

“Kami belum dapat menerjemahkan tetapi peluang sisa fondasi pemukiman. Sampai sekarang, kami belum temukan fragmen terlepas, seperti gerabah atau porselin, untuk men-datting pada saat apa,” terangnya. Nantinya, BPCB Trowulan akan memberikan laporan penemuan situs susunan batu bata itu ke Dinas Pariwisata Pemuda serta Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mojokerto untuk dikerjakan pencatatan. Sebelum dikerjakan pencarian lebih jauh.

“Jika contohnya dijelajahi , pasti harus izin pemilik tempat. Sebab ini adalah tempat punya pribadi,” pungkas Arkeolog BPCB Jawa Timur itu. Awalnya, susunan batu bata kuno diketemukan di Dusun Sumberjo, Desa Brayublandong, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto. Situs itu adalah peninggalan Kerajaan Majapahit Info yang dikumpulkan di tempat penemuan, tumpukan batu bata itu diketemukan di tempat punya Giman, pada Minggu (12/8) pagi. Waktu beberapa pekerja akan menempatkan gorong-gorong untuk aliran pembuangan air.

Tumpukan batu bata yang diketemukan itu mempunyai ukuran yang berlainan dengan batu bata biasanya sekarang. Batu bata itu memiliki ukuran semakin besar seperti dengan batu bata dipelbagai situs peninggalan Majapahit yang telah lebih dini diketemukan.

1 thought on “Susunan Batu Bata Dahulu Di Dawarblandong Di Kuburan Raja Majapahit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *